dengan Tema “Berbudi Pekerti dan Berjiwa Kompetitif”

Salam Karate, Osh!

UKM INKAI UM mengadakan DIKLAT Alam & Ruang pada 25-17 November 2022 yang bertempat di Universitas Negeri Malang. DIKLAT Alam & Ruang merupakan kegiatan yang wajib diikuti bagi anggota baru ataupun yang belum pernah mengikuti DIKLAT yang diadakan oleh UKM INKAI UM. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring pada tahun ini, diawali pada Jumat (25/11/2022) di lapangan A2 yang dimulai pukul 15.30 WIB. Walaupun sedang gerimis dan banyak kubangan air, peserta tetap semangat, mereka berangkat dari UKM ke lapangan, langsung menggunakan karate-gi dan bersabuk putih. Senpai Aziz (pelatih) dan Kak Ryo (asisten) melatih fisik dengan seru tanpa membedakan peserta maupun panitia, sehingga tidak ada diskriminasi porsi latihan dan membuat peserta merasa senasib dan lebih akrab, seperti jika ada yang karate-gi nya masih bersih akan dipeluk oleh temannya yang karate-gi nya berlumpur. Setelah latihan selesai, peserta maupun panitia kembali ke UKM untuk bebersih diri dan ISHOMA serta mempersiapkan jargon dan yel-yel untuk ditampilkan saat hari Minggu.

Hari selanjutnya, Sabtu (26/11/2022), diklat ruang dilaksanakan di Gedung FIP Universitas Negeri Malang yang dimuali pukul 08.00 WIB. Materi pertama “Filosofi, Karakter, dan Motivasi Karate” disampaikan oleh Sensei Dwi Atmanto, S.Pd. secara jelas, detail dan komunikatif sehingga peserta mudah memahami penyampaian tersebut. Pada sesi tanya jawab pun peserta juga tidak takut untuk bertanya kepada Sensei Dwi mengenai hal yang kurang dipahami di materi ataupun menanyakan pendapat. Setelah sesi foto bersama pemateri 1, dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua yang berjudul “New Era Karate” di mana disampaikan oleh Senpai M. Aziz Inkai Wijaya, S.Pd. Pada materi kali ini lebih menonjolkan pentingnya karateka mengikuti kejuaraan sebagai salah satu pengamalan sumpah karate ketiga “Sanggup mempertinggi prestasi”. Pada sesi tanya jawab peserta sangat aktif meminta saran ataupun berkonsultasi dengan Senpai Aziz seputar karate modern. Setelah sesi foto bersama pemateri kedua, acara ditutup dengan doa dengan harapan supaya ilmu yang telah dibagikan oleh pemateri akan bermanfaat bagi peserta maupun panitia. Peserta diperbolehkan pulang apabila telah mengumpulkan resume di meja presensi sebagai syarat mendapatkan sertifikat.

Pada hari terakhir, Minggu (27/11/2022), agenda pertama yakni latihan kihon bersama yang dimulai pukul 07.00 WIB di lapangan A2. Walaupun banyak peserta pemula dan belum terlalu hafal, Senpai Riezky (pelatih) dan Kak Bayu (asisten) melatih dengan sabar dan membenarkan gerakan yang masih kurang. Sebelum lanjut latihan kedua, peserta diizinkan untuk istirahat terlebih dahulu. Pada latihan kedua yang bertempat di dekat kolam trapesium, Senpai Riezky (pelatih) dan Kak Engga (asisten) memperkenalkan kata dan kumite pertandingan, peserta sangat antusias mengikuti latihan tersebut baik yang masih pemula maupun yang pernah mengikuti pertandingan. Setelah ISHOMA, peserta langsung berkelompok sesuai dengan pembagian untuk diuji di pos-pos yang telah disediakan. Pada pos pertama (depan gedung Psikologi) peserta diminta untuk meampilkan yel-yel dan jargonnya serta diuji tentang materi yang ada di buku saku seperti sumpah karate dan implementasiannya, makna lambang dan warna pada logo FORKI dan INKAI serta menyanyikan mars INKAI. Pada pos kedua (depan aula Kenanga), peserta dites ketahanan fisiknya, tidak lupa untuk yel-yel serta jargon. Pada pos ketiga (depan asrama putra), peserta diminta menampilkan kata dasar yang disebutkan oleh pengetes. Setiap pos memberikan poin baik (+) maupun (–) pada buku saku setiap peserta. Pada pos tekakhir (pos keempat), setelah praktek kumite, poin-poin tiap anggota kelompok dijumlah dan kelompok tersebut menerima hukuman sesuai dengan total poin seluruh anggota kelompok. Hukumannya yakni berguling-guling di lapangan rumput yang basah setelah terkena hujan. Sebelum pengukuhan, terdapat kendala hujan deras disertai petir, sehingga peseta diistirahatkan, namun karena terlalu bersemangat beberapa di antara mereka ada yang tetap berlatih kata goju shiho sho sambil memanfaatkan air hujan yang deras untuk membersihkan karate-gi setelah berguling-guling di lapangan berlumpur.  Setelah petir agak mereda, agenda pengukuhan peserta oleh MSH pun dilaksanakan. Pengukuhan terlaksana secara khidmat dan lancar. Pada ujung acara setelah doa, diumukan kelompok yang meraih total poin tertinggi untuk diberi hadiah, pada DIKLAT UKM INKAI 2022 pemenangnya yakni kelompok Gashuku dengan LO Kak Richard dan Anggotanya Rezaldi, Farhan, Saufi dan Nurin. Setelah acara selesai, peserta dipersilakan untuk ISHOMA sebelum pulang. Semoga dengan adanya DIKLAT kali ini, peserta dapat lebih akrab dan mengenal satu sama lain serta meningkatkan jiwa kompetitif dan berbudi pekerti luhur. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *